Sosmed

09.53.00

10Path

jejaring sosial path
Situs ini disebut sebagai smart jurnal online. Bedanya dari sosial media lain, Path didesain untuk media berbagi informasi kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Terlihat dari batas jumlah teman yang disediakan, yaitu hanya sebanyak 150 orang saja. Penggunanya terbilang banyak di Indonesia, sekitar satu perlima pengguna Path dan lebih dari setengah aktivitas Path adalah dari Indonesia.

9Pinterest

Jejaring sosial pinterest
Sosial media satu ini sempat berebut huruf P dengan Path untuk dijadikan logonya. Fokus pada foto dan gambar-gambar, Pinterest banyak digunakan sebagai media promosi maupun fotografi. Fiturnya antara lain board (semacam album untuk mengelompokkan jenis foto) dan Re-pin semacam Re-tweet tapi ala Pinterest. Sesuai dengan namanya, Pinterest, Pin your Interest!

8Youtube

jejaring sosial youtube
Youtube adalah layanan jejaring sosial yang juga berpengaruh besar untuk dunia hiburan, komunikasi dan informasi. Dikhususkan pada layanan video yang juga telah melejitkan banyak nama, mulai dari Justin Bieber, Gangnam Style ala Psy dan di Indonesia salah satunya duo lipsync Sinta- Jojo. Di sini, banyak jenis video yang bisa ditonton, mulai dari musik, video lucu, tutorial, hingga beragam video koleksi pribadi milik pengunggahnya.

7Soundcloud

jejaring sosial soundcloud
Jika Youtube merupakan media berbasis video, maka Soundcloud adalah media yang berbasis audio. Audio yang diunggah dapat diunduh secara gratis oleh pendengarnya dengan download limit sebanyak 100 kali unduh. Bagi para musisi, sosial media ini memegang peranan penting untuk mempromosikan karya kepada pendengar.  Tapi tak hanya musik saja, jenis suara apapun bisa dibagi di sini, mulai dari baca puisi, cerita, dongeng, panduan broadcasting, hingga menyanyi khas ala kamar mandi juga ada. Cara kerjanya pun sederhana, setelah sign up, pengguna kemudian akan mendapat akun dan bisa langsung mengunggah suara yang ingin dibagi. Ada juga fitur Re-post yang cara kerjanya sama seperti Re-tweet di Twitter dan Re-pin di Pinterest, lagu atau suara karya orang lain yang dianggap menarik akan muncul di jajaran suara di akun kita bersama audio-audio lain yang telah diunggah. Banyaknya jumlah Re-post juga menjadi tolok ukur popularitas sebuah suara atau musik, ajang yang bagus untuk mengenalkan karya bagi musisi pemula.

6Tumblr

jejaring sosial tumblr
Nah, untuk sosial media yang satu ini, lebih mengarah ke ranah blog semacam WordPress maupun Blogger namun memiliki beranda yang memunculkan update terbaru dari akun Tumblr yang diikuti. Pilihannya terdiri dari jenis apa yang ingin dibagi, yakni text, video, audio, photo, quote dan link. Ada juga fitur like dengan mengklik gambar hati dibawah post, re-blog dan komen.

5Linked In

jejaring sosial linked in
Didesain khusus untuk pekerja professional yang orientasinya lebih cenderung untuk bisnis. Saat ini memiliki sekitar 225 juta pengguna aktif di seluruh dunia dengan Indonesia yang menempati urutan ketiga tingkat pertumbuhan penggunanya. Selain bahasa Inggris,  Linked In juga diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, antara lain Perancis, Jerman, Italia, Portugis dan Spanyol. Dalam profil yang ditampilkan, pengguna diminta mengisi informasi pengalaman kerja serta karirnya, dengan begitu akan lebih mudah untuk mencari dan berbagi lowongan pekerjaan karena orang lain bisa melihat pengalaman kerja secara langsung. Lebih dari 150 industri dan 400 bidang ekonomi tergabung di dalamnya.  Linked In menempampati posisi ke empat sebagai jejaring sosial paling populer di dunia.

4Instagram

jejaring sosial instagram
Say cheese! Ini dia, ajang berbagi foto yang sedang naik daun dan disebut sebagai The Rising Star karena perkembangannya yang sangat cepat. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mengedit dan membagikannya tak hanya pada pengikutnya saja, tapi juga bisa langsung di beberapa situs lain seperti Twitter, Facebook dan Tumblr dengan mencentang link situs yang juga ingin dibagi. Tak perlu menjadi fotografer professional untuk memiliki akun ini, pengguna pemula pun bisa mengunggah foto dan menjadi fotografer dadakan di sini.

3Foursquare

jejaring sosial foursquare
Berbeda dengan Instagram yang berbasis foto, sosial media ini berbasis lokasi. Bagi yang suka travelling ke mengunjungi berbagai tempat, situs ini memang sangat mendukung hobi jalan-jalan tersebut. Foursquare memungkinkan penggunanya untuk check-in, berbagi foto dan informasi seputar tempat yang dikunjungi.

2Twitter

jejaring sosial twitter
Twitter dikenal sebagai micro blogging yang menyediakan cara berkomunikasi baru dengan simple namun powerful dan efisien. Kicauan khas ala twitter dibatasi hanya sebanyak 140 karakter namun justru itulah letak daya tariknya. Penggunanya dituntut menjadi kreatif dengan tidak membahas hal tidak perlu karena karakternya yang dibatasi. Situs yang didirikan tahun 2006 ini belum lama ini telah menambah fitur baru yakni berkirim foto via Direct Message. Privasinya lebih terjaga karena hanya akun yang diikuti saja yang bisa dikirimi pesan. Jejaring sosial ini sangat populer di Indonesia, bahkan tercatat bahwa Indonesia saat ini menempati peringkat ke lima sebagai pengguna Twitter terbesar di dunia. Wow!

1Facebook

Jejaring Sosial facebook
Ini dia, jejaring sosial nomor wahid seluruh dunia. Siapa yang tak kenal Facebook? Situs sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini mempunyai sekitar 1 milyar pengguna di seluruh dunia dan merupakan yang paling terbesar. Penggunanya dari berbagai jenis kalangan, mulai anak-anak hingga dewasa, dari petani hingga presiden mempunyai akun Facebook. Indonesia sendiri menempati posisi ke empat sebagai pengguna Facebook terbesar sedunia setelah Amerika Serikat, Brazil dan India. Situs yang sering disebut-sebut menyamai pendahulunya yakni My Space ini awalnya diciptakan untuk saling mengenal antar mahasiswa di kampus Zuckerberg, Harvard University. Kemudian menjadi terkenal ke beberapa kampus lain seperti Boston College, Boston University, Stanford, NYU dan Ivy League hingga mendunia sampai saat ini. Sempat difilmkan dengan judul The Sosial Network pada tahun 2011 dengan Justin Timberlake sebagai salah satu aktornya dan sempat pula memenangkan berbagai pernghargaan di berbagai ajang. Namun begitu, Facebook juga sempat menuai beberapa kontroversi dan pernah diblokir di beberapa negara termasuk di antaranya adalah Republik Rakyat Cina, Vietnam, Iran, Pakistan, Suriah, Uzbekistan dan Bangladesh dengan berbagai alasan misalnya karena anti-Islam dan konten-konten diskriminasi agama yang diizinkan oleh Facebook. Selain itu, Facebook juga dilarang di beberapa institusi dan perkantoran untuk mecegah buang-buang waktu.
Ada banyak cara untuk tetap up to date dan tidak gagap teknologi, salah satunya melalui jejaring sosial. Banyak keuntungan yang diberikan, sebagai sarana promosi, bisnis, politik, menjalin silaturahmi dan banyak lainnya. Namun harus tetap waspada terhadap dampak negatif yang mungkin mengikuti. Tidak sedikit kasus cyber crime terjadi seiring perkembangan sosial media dewasa ini. Tidak sedikit pula yang menjadi terlalu terikat dan menghabiskan waktu terlalu banyak dalam bersosial media ria. Apapun kepentingan dalam bersosial media, sebaiknya tetap bijak dan berhati-hati terhadap informasi yang dibagi maupun diterima.

You Might Also Like

0 komentar